Warga Baengnyeong Korsel Diminta Evakuasi usai Korut Tembak Artileri

berita Korsel

Warga Pulau Baengnyeong, Korea Selatan, diminta evakuasi usai Kementerian Pertahanan Seoul menyatakan Korea Utara telah menembakkan rentetan artileri ke daerah tersebut.

“Kami sedang mengakibatkan pengumuman evakuasi waktu ini,” kata seorang pejabat distrik setempat kepada AFP, Jumat (5/1).

Pejabat itu mengaku telah mendapatkan informasi bahwa militer Korea Selatan akan segera melaksanakan latihan angkatan laut. Perintah evakuasi ini dikeluarkan sesudah pemerintah Korsel terhitung merilis perintah yang mirip kepada warga Pulau Yeonpyeong kira-kira pukul 12.00 siang waktu setempat.

Pemerintah Korsel memerintahkan warga pulau itu evakuasi, usai Korea Utara menembakkan lebih dari 200 peluru artileri di dekat pulau-pulau Korea Selatan hari ini, Jumat (5/1).

Baca juga:

Syuting Drakor Gyeongseong Creature Hari Pertama Bikin Leher Han So Hee Kaku, Sampai Susah Nengok

Pertamina Temukan Sumur Migas Baru di Bekasi

“Militer Korea Utara meluncurkan lebih dari 200 tembakan hari ini dari kira-kira pukul 09.00 sampai 11.00 di daerah Jangsan-got di bagian utara Pulau Baengnyeong dan daerah utara Pulau Yeonpyeong,” kata seorang pejabat Kementerian Pertahanan di dalam sebuah briefing.

Pejabat lokal Yeonpyeong menjelaskan kepada AFP bahwa warga sipil telah diminta untuk mengungsi, sebagai “tindakan pencegahan” atas kondisi yang sedang terjadi.

Perintah evakuasi ini sendiri muncul sesudah Korea Utara belakangan mengaku sedang mempersiapkan perang, keliru satunya bersama menggenjot program nuklir Pyongyang. Korut bersiap perang sesudah hubungannya bersama Korsel merenggang akibat peluncuran satelit mata-matanya pada November lalu.

Seoul geram bersama peluncuran tersebut dan menentukan untuk menangguhkan sebagian perjanjian militer 2018 antar Korea. Perjanjian itu bertujuan meredam ketegangan ke-2 negara. Korea Utara tak terima. Pyongyang pun membatalkan seutuhnya perjanjian mereka. Jauh sebelum ini, hubungan ke-2 negara Korea terhitung dulu mendidih pada 2010 silam.

Saat itu, Pulau Yeonpyeong Korsel diserang rentetan peluru artileri yang ditembakkan dari Korea Utara. Pemerintah setempat pun mengeluarkan perintah evakuasi darurat bagi 1.700 warga setempat. Pulau Yeonpyeong Korea Selatan terletak di Laut Kuning, kira-kira 80 kilometer sebelah barat Incheon dan 12 kilometer selatan garis pantai Provinsi Hwanghae, Korea Utara.